merawat ikan mas bag 2


Ikan Mas Koki
Cara merawat maskoki ada cara tersendiri…
Caranya antara lain adalah…

1. Pertama kali akan memelihara ikan mas koki, sebaiknya air yang telah dimasukkan dalam aquarium diendapkan terlebih dahulu selama 24 jam. agar kualitas air lebih baik dan kotoran dapat mengendap di dasar aquarium.
2. Ketika akan memasukkan ikan mas koki ke dalam aquarium, jika ikan mas koki tersebut berada dalam kantong plastik sebaiknya taruh kantong plastik yang berisi ikan mas koki tadi ke dalam permukaan air aquarium, untuk menyesuaikan suhu dalam aquarium dan suhu ikan koki,,agar ikan koki tidak menjadi stress dan mati.
3. Jika akan memelihara dalam aquarium yang besar, maka diperlukan aerotor peniup udara di aquarium, filter, dan selang penyedot kotoran.. Ketiga alat ini penting untuk mencegah kotoran menumpuk dan sirkulasi udara air dalam aquarium tetap terjaga.
4. Beri pakan secukupnya.. jangan terlalu sering memberi makan ikan mas koki karena ikan mas koki adalah jenis ikan yang sangat rakus, slalu memakan makanan yang ada,, dan jika kekenyangan maka ikan koki akan cepat mati.. Dan menurut penelitian ahli, tubuh yang ramping bagi ikan mas koki akan memperpanjang umurnya. Pakan ikan ini yang alami dan bagus untuk ikan mas koki adalah cacing sutera karena mengandung protein yang tinggi.. Tetapi untuk lebih praktisnya, pakan ikan mas koki adalah bentuk pellet yang banyak dijual di toko-toko ikan hias.
5. Jangan memberi pakan pada malam hari atau menjelang malam. Karena ikan mas koki merupakan ikan yang cepat proses pencernaannya, setelah dia makan maka akan dikeluarkan dalam bentuk kotoran. Bakteri pengurai, aktif pada malam hari dan akan menguraikan feses ikan mas koki yang akan menyebabkan kandungan amoniak dalam air aquarium tinggi dan sangat tidak baik bagi ikan mas koki.
6. Pada saat menguras air aquarium sebaiknya air yang akan dibuang jangan semuanya karena jika semua air lama digantikan dengan air baru, maka ikan mas koki harus beradaptasi lagi dan menyebabkan stress yang berakibat kematian.
7. Air aquarium yang baru diisi (setelah dikuras) sebaiknya diberi garam grosok (garam laut) yang mempunyai manfaat mencegah pertumbuhan jamur.

untuk memeihara ikan mas koki bukanlah hal yang mudah, dikarenakan ikan ini cepat stres dan kemudian mati. berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam merawat ikan mas koki.

1. AQUARIUM
Akuarium bisa dikatakan cocok untuk mas koki apabila aquarium memiliki ukuran yang luas. Dikarenakan mas koki merupakan ikan yang sangat aktif bergerak. Bukan itu saja alasan menggunakan akuarium luas adalah ukuran maksimal yang dapat dicapai maskoki.
Ikan cantik ini bisa mencapai panjang sekitar 15 – 20 cm. Jadi bisa dibayangkan apabila ikan mas koki berada dalam aquarium yang kecil, ikan mas koki akan susah untuk tumbuh dan terlihat seperti di kurung dalam penjara.


HEATHER
Keberadaan heather tidak sekrusial filter, namun tidak ada salahnya menyediakannya. Fungsi heather untuk berjaga-jaga saat terjadi fluktuasi suhu, terutama pada saat perubahan musim. Kado heather akan menjaga suhu air tetap stabil.

KONTROL KUALITAS AIR
Air menjadi tempat hidup, tentunya harus dijaga kondisinya. Oleh karena itu lakukan pemeriksaan secara rutin. Terutama sekali bila baru saja melakukan pergantian air.
Varietas makanan maskoki begitu banyak, mulai dari pelet, beku, atau flake. Diantara ketiga jenis pakan tersebut, yang mesti diperhatikan adalah pelet atau flake. Ada tips sehat untuk pemberian kedua jenis pakan tersebut. Dimana sebelum diberikan, masukan dulu pakan kedalam air beberapa menit. Biar mengembang baru diberikan, karena jika dibiarkan menembang di dalam perut akan mengganggu pencernaan. Menimbulkan penyakit yang disebut swim bladder disease.

PERGANTIAN AIR
Pergantian air yang rutin tiap minggu diperlukan. Volume pergantian air sebanyak 1/3 dari total air yang ada di akuarium. Jangan lupa menambah air baru ke dalam akuarium untuk mengganti air yang dibuang.
Selain itu untuk air baru yang akan dimasukan

0 Response to "merawat ikan mas bag 2"

Posting Komentar

daftar isi

text spoiler view

Klik Spoiler Berikut:
Letakkan iklan gambar anda disini

sosial media

artikel terkait versi gambar

maaf untuk klik kanan

komentar facebook

Comments
Comments

Pasang Iklan Banner Murah di Blog

ucapan terima kasih

Terimakasih Anda telah membaca tulisan / artikel di atas tentang :
Judul:
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh
Semoga informasi mengenai bisa memberikan manfaat bagi Anda. Jangan lupa Komentar Anda di bawah ini.
close
iklan 120 x 600 kanan
close
iklan 120 x 600 kiri

Artikel Terkait